KURIKULUM

Madrasah Aliyah Negeri Turen

Logo Web Final

Madrasah Aliyah Negeri Turen  menerapkan Kurikulum 2013 pertama kali pada Tahun Pelajaran 2014-2015, sampai dengan adanya kebijakan penundaan pemberlakuan kurikulum oleh pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk sekolah/madrasah tertentu. Sehingga, pada semester kedua di tahun pelajaran tersebut, selain mata pelajaran agama (Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlah, Sejarah Kebudayaan  Islam dan Bahasa Arab), acuan kurikulum berubah sepenuhnya menggunakan kurikulum 2006 untuk semua mata pelajaran umum.

Setelah menerima instruksi dari Kementerian Agama Kabupaten Malang, di tahun pelajaran 2015/2016, Madrasah Aliyah Negeri Turen kembali menerapkan Kurikulum 2013 secara menyeluruh, tidak hanya mata pelajaran agama tapi juga mata pelajaran umum. Di tahun pelajaran 2016/2017, sistem pembelajaran dengan kurikulum 2013 sudah diberlakukan untuk kelas X dan XI. Sementara kelas XII masih menerapkan kurikulum 2006. Sampai di tahun pelajaran 2017/2018, sistem pembelajaran dengan kurikulum 2013 sudah diberlakukan untuk kelas X, XI dan XII secara  menyeluruh.

Struktur kurikulum Madrasah Aliyah Negeri Turen meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas X sampai dengan kelas XII dan terdiri atas sejumlah mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

Untuk kelas X dan XI pengorganisasian kelas dibagi dalam kelompok peminatan, yang terdiri atas 3 peminatan yaitu  Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Kegamaan. Sementara kelas XII dibagi dalam kelompok penjurusan, yang terdiri atas 2 peminatan yaitu  Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang berupa proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Beban belajar kegiatan tatap muka per jam pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Turen  berlangsung selama 45 menit.