BULAN BAHASA : Berbahasa Berkarakter Islami di MAN 2 MALANG

BULAN BAHASA : Berbahasa Berkarakter Islami di MAN 2 MALANG

BERBAHASA BERKARAKTER ISLAMI

28 Oktober adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut terjadinya Hari Sumpah Pemuda yang merupakan ikrar pemuda bangsa Indonesia untuk menjaga persatuan dengan menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. MAN 2 MALANG memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengadakan acara Bulan Bahasa. Bulan Bahasa digelar pada tanggal 30 Oktober 2018 dengan tema “Membentuk Karakter Islami Dalam Kognitif dan Religi Melalui Bahasa dan Sastra”

Kegiatan ini berupa perlombaan-perlombaan sastra seperti cipta karya puisi, cerpen dan artikel yang tentunya bertema islami. Setiap kelas diwajibkan mengumpulkan satu hasil karyanya pada tanggal 20 Oktober 2018. Puncak dari kegiatan imi adalah acara penampilan teaterikal puisi untuk setiap kelas X dan musikalisasi puisi oleh setiap melas XI pada tanggal 30 Oktober 2018 tersebut.

Acara ini dmulai pukul 07.30 setelah semua warga madrasah melakukan rutinitas pagi membaca surat Al-waqiah dan sholat dhuha berjamaah dengan sambutan dari bapam kepala madrasah, Bapak D.rs Sama’i M. Ag dan pemberian sebuket bunga dari kelas XII

Dilanjutkan dengan penampilan dari ekstrakurikuler operet yang disambung dengan penampilan teaterikal puisi oleh peserta dengan nomor urut satu, disusul penampilan musikalisasi puisi dengan dewan juri ibu Dyah Mayasari S.Psi dan ibu Fauzatussadiyah S.Pd. Dalam acara ini juga disampaikan pemenang-pemenang lomba cipta karya puisi, cerpen dan artikel, pemenang cipta karya puisi yakni kelas X-Bahasa membacakan karyanya didepan semua siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang.

Di akhir acara siswa-siswi kelas XII memberikan sebuah persembahan drama yang menceritakan kekompakan dan kebersamaan mereka satu angkatan. Diumumkan pula pemenang lomba teaterikal puisi yakni kelas X-IPS-1 dan XI-Agama sebagai pemenang lomba musikalisasi puisi.

Panitia Bulan Bahasa juga menyiapkan pojok sastra yang berisi foto-foto dan ilmu-ilmu tentang sastra lainnya, ada pula tempat untuk photo booth yang dihias semenarik mungkin dan dikelola sendiri oleh panitia.

Kegiatan Bulan Bahasa ini diharapkan dapat memunculkan bakat dan potensi baru maupun yang terpendam dalam diri siswa, serta memupuk rasa cinta dan bangga akan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Foto-foto kegiatan :