WORKSHOP : Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran

WORKSHOP : Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran

Pemanfaatan Kecanggihan Teknologi Dalam Proses Belajar Mengajar

Pada era yang sudah canggih seperti saat ini, teknologi berkembang dengan signifikan, salah satunya pada bidang pendidikan. Para guru atau tenaga pendidik juga memanfaatkan perkembangan tersebut dengan memanfaatkan teknologi dalam mendidik siswa mereka. Dari cara mengajar yang konvensional menjadi cara mengajar yang modern (virtual). Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi android. Karena pada saat ini sebagian besar guru dan siswa  sudah menggunakan teknologi tersebut dalam kehidupan sehari hari.

workshop12

Berhubungan dengan hal tersebut, guru MAN 2 MALANG merespon dengan baik perkembangan teknologi tersebut, dengan diadakannya “Workshop Media Pembelajaran”. Workshop tersebut diadakan selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu & Minggu, 13  & 14 Oktober 2018. Acara tersebut dibuka oleh Dr. H Musta`in M.Ag selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang. Beliau berpesan agar guru guru pengajar menerapkan sistem pembelajaran virtual tersebut agar tidak gagap teknologi di era yang sudah canggih seperti ini. Lalu beliau juga berpesan alangkah baiknya jika menggunakan situs website madrasah untuk media promosi dan mempublikasikan kegiatan madrasah. Drs. H Sama`i M.Ag selaku Kepala MAN 2 MALANG berpesan agar para guru bisa mengikuti kegiatan workshop dengan baik dan bisa menerapkan dalam kegiatan belajar mengajar siswa.

workshop9

Materi dipaparkan oleh pemateri pertama yaitu Bapak Shalih Husni M.Pd. Beliau adalah selaku dosen dari UIN Maulana Malik Ibrahim dan pemateri kedua yaitu Bapak Witoyo selaku pengawas guru KKM MAN 2 MALANG. Acara tersebut dihadiri oleh guru se- KKM MAN 2 MALANG.

Adapun materi yang disampaikan dalam workshop tersebut adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi canggih. Salah satunya dengan aplikasi Edmodo. Edmodo sendiri merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, antara guru dan siswa. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua. Dengan Edmodo, guru/ dosen dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa/ mahasiswa dengan mudah. Bukan hanya proses belajar mengajar antara murid dan guru yang semakin dimudahkan, guru pun dapat saling berdiskusi dengan guru-guru lainnya yang berada di belajan dunia lain, berbagi pengalaman mengajar, dan sebagainya. Dalam penggunaan Edmodo, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kode khusus untuk setiap kelas/ grup. Jika siswa ingin bergabung pada suatu grup, maka siswa terlebih dahulu mengetahui kode khusus grup tersebut. Selain itu Edmodo juga memiliki beberapa manfaat yaitu dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.

workshop6

Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz.Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut. Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.

Selain aplikasi Edmodo juga ada beberapa aplikasi yang memudahkan dalam proses belajar mengajar. Yaitu aplikasi Autoplay, Trendy Flash, dan Wondershare Quiz Creator. Adapun manfaat dari menggunakan media pembelajaran E-Learning adalah

  1. Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, gedung, laboratorium, buku dll)
  2. Menghemat waktu dalam proses belajar mengajar
  3. Mengurangi biaya perjalanan
  4. Menjangkau wilayah yang lebih luas, selama wilayah tersebut terhubung ke internet
  5. Melatih siswa/mahasiswa lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Dari kemajuan teknologi tersebut dalam bidang pendidikan yang memudahkan guru, siswa dan orang tua diharapkan dapat dimanfaatkan sengan sebaik-baiknya agar mendapatkan manfaat secara maksimal.

Foto-foto Kegiatan :